Senyum Memukau dengan gigi putih bersinar

Senyum Memukau Dengan Gigi Putih Bersinar

 

Cara alami memutihkan gigi yang ampuh

Warna gigi yang kekuningan maupun noda abu-abu bisa timbul seiring dengan penambahan usia. Selain itu, asupan makanan tertentu juga nisa mengubah warna gigi putih yang sebelumnya kamu miliki.
Ada beberapa produk yang dijual bebas untuk membantu memutihkan gigi, antara lain pasta gigi, gel, strip, dan alat penyinar. Beberapa produk pemutih gigi menggunakan zat kimia seperti peroksida dan zat asam, yang berisiko menyebabkan gangguan pada kondisi gigi tertentu. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum digunakan.


Ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang dapat dilakukan, berikut diantaranya:

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan adalah salah satu cara memutihkan gigi yang sederhana. Menyikat gigi bisa mencegah menempelnya noda dan menghilangkan plak pada gigi. Lengkapi dengan membersihkan sisa-sisa makanan dengan benang gigi dan obat kumur setiap hari. Perlu mengingat untuk tidak menyikat gigi segera setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, karena hal tersebut dapat melemahkan dan menghilangkan enamel atau email gigi.

2. Memakai bahan alami yang dapat ditemukan di rumah
Baking soda dimanfaatkan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Salah satunya  caranya dengan menggosok gigi menggunakan pasta baking soda. Cara membuat pasta baking soda adalah dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air. Gunakan beberapa kali dalam satu minggu. Selain itu, kamu juga dapat memutihkan gigi dengan menggunakan cuka apel. Kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka apel dapat membunuh bakteri, membersihkan mulut, dan memutihkan gigi kamu.

3. Memanfaatkan asam malat dari buah-buahan
Asam malat adalah salah satu zat alami yang banyak digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Apel dan stroberi adalah dua jenis buah yang banyak mengandung asam malat. Untuk membuat pasta dari stroberi, campurkan buah stroberi yang dihancurkan dengan baking soda. Meski seperti itu, jangan terlalu sering menyikat gigi dengan pasta ini. Asam sitrat pada stroberi memiliki potensi merusak enamel gigi.

4. Menerapkan pola makan sehat
Hindari makanan manis yang lengket pada gigi. Perbanyak makanan segar, utamanya buah dan sayuran. Beberapa pilihan makanan yang baik guna menjaga penampilan gigi yaitu keju, susu, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, dan kacang-kacangan. Makanan yang banyak mengandung serat akan meningkatkan produksi air liur, yang bisa menghilangkan zat-zat yang dapat merusak gigi. Sebaliknya, kurangi makanan yang tinggi asam sitrat seperti jeruk dan lemon guna mencegah kerusakan enamel gigi.

5. Membatasi minum teh, kopi dan soda
Lapisan terluar gigi, yaitu enamel, akan menipis seiring dengan usia. Sehingga dentin akan tampak lebih kuning. Penting untuk membatasi minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi, seperti teh, kopi, dan soda, agar gigi tetap putih. Jika minuman atau makanan dapat menempel di baju putih Anda dan membuat bercak, maka dapat menempel dan membekas juga pada gigi.

6. Berhenti merokok
Tembakau yang terdapat pada rokok merupakan salah satu noda pada gigi yang sulit dibersihkan. Noda tersebut akan menembus enamel gigi. Semakin lama seseorang merokok, maka noda tembakau akan masuk akan semakin dalam, sehingga bisa menyebabkan radang gusi, bau mulut, hingga kanker.



Jika cara memutihkan gigi secara alami seperti diungkapkan di atas tidak memberikan hasil yang sangat memuaskan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan gigi lebih lanjut, kemudian dokter akan menentukan cara memutihkan gigi yang paling tepat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel