Flu Tulang Dan Cara Mengobatinya

    Flu Tulang Dan Cara Mengobatinya

Apa itu flu tulang?

Flu tulang adalah jenis penyakit yang menyerang area persendian.Penyakit ini salah satu penyakit yang harus di waspadai karena dapat menyebabkan kelumpuhan.
Dalam istilah medis flu tulang memiliki kemiripan dengan arthistis atau penyakit sendi kronis, radang sendi, atau rematik. Umumnya masyarakat mengenal flu tulang dengan sebutan penyakit chikungunya. Flu tulang muncul karena penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri pada sendi dan tulang pada tubuh penderitanya juga akan mengalami gejala seperti flu yang biasa menyerang tubuh. Adapun flu tulang disebabkan oleh adanya virus yang masuk ke dalam tubuh yang berupa virus Parvovirus B19. Virus ini menyebar melalui gigitan nyamuk sehingga sangat rentan sekali masuk ke dalam tubuh. Nyamuk yang biasa menularkan virus ini adalah nyamuk aedes aegypty dan aedes albopictus.Dan nyamuk ini akan menggigit di waktu siang dan sangat aktif di pagi dan sore hari. Jika seseorang telah tergigit nyamuk ini maka orang tersebut akan mengalami gejala-gejala mulai dari 3-7 hari setelah terkena gigitan.

Ada beberapa gejala chikungunya diantaranya:

1. Demam
2. Nyeri pada persendian
3. Sakit di kepala
4. Sendi bengkak
5. Tulang sakit saat di gerakan
6. Ruam pada kulit
7. Kram pada otot
8. Mual
9. Pusing semakin parah
10. Muntah
11. Tubuh sangat lelah
12. Sakit punggung

Selanjutnya penyakit ini akan menyerang keseluruhan bagaian kepala, dan sering sakit kepala biasanya akan muncul bersamaan dengan munculnya demam yang terjadi pada malam harinya.
Sebenarnya penyakit flu tulang tidak memiliki vaksin dan obat khusus untuk mengobati penyakit flu tulang ini.Namun penyakit ini akan pulih dengan sendiri seiring berjalanya waktu atau membutuhkan beberapa hari untuk pemulihan.


Adapun cara yang bisa ditempuh untuk pengobatanya adalah sebagai berikut:

1. Jangan terlalu banyak menggerakan tubuh, jangan memaksakan untuk berdiri dan lebih baik berbarik di tempat tidur
2. Rutin mengkonsumsi air putih untuk mengatasi dehidrasi agar tubuh tidak terlalu lemah.
3. Mengkonkumsi makanan yang lembut agar tubuh mendapatkan asupan kebutuhan nutrisi yang seimbang.
4. Pemberian obat penghilang rasa nyeri pada sendi untuk meredakan demam. Dan biasanya di lakukan oleh dokter yang menanganinya.
5. Setelah kondisi tubuh pulih, dapat mencoba untuk bergerak lebih banyak mulai dari gerakan keciluntuk sendi kaki, tangan, dan juga bagian punggung. Jika tubuh tetap tidak dapat digerakkan dengan baik maka sangat dianjurkan untuk latihan fisioterapi.


Demikian tadi beberapa cara pengobatan untuk mempercepat pemulihan dari penyakit flu tulang. Jaga kebersihan lingkungan dan buanglah sampah pada tempatnya agar tidak menjadi sarang nyamuk penyebab flu tulang. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Salam sahabat sehat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel